Biografi Nikola Tesla Dan Penemuannya | Ilmuwan Cerdas Yang Terlupakan

Nikola Tesla, Kutu Buku Tercerdas Master Cahaya dan Listrik

Nikola Tesla dikenal sebagai kutu buku paling cerdas yang pernah hidup dengan penemuannya yang sangat berpengaruh pada dunia hari ini. Mulai dari lampu hingga wireless yang ia temukan dengan watak kerja kerasnya untuk selalu belajar dan berpikir menganalisa alam sekitar hingga ia terbiasa jarang tertidur dan bila harus tidur hanya butuh 2 jam dalam sehari.
Tahukah kamu bahwa lampu yang menerangi rumah kita hari ini berkat penemuannya bukan Thomas Edison yang kita ketahui saat masih di sekolah, atau radio yang kita dengarkan setiap hari hingga wireless yang kita gunakan adalah hasil penemuan Nikola Tesla.
Biografi Nikola Tesla

Nikola Tesla, lahir 10 Juli 1856 di Smiljan, Kroasia, meninggal diusianya yang ke 86 pada tanggal 7 Januari 1943 di kamar hotel, New York. Dia adalah seorang ilmuwan dan insinyur mekanik dan listrik. Ia dikenal sebagai salah satu ilmuwan terbesar dan paling misterius sekaligus revolusioner dibidang listrik dan magnet atau elektromagnet abad 19 dan abad ke-20. Meskipun banyak dari penelitiannya diremehkan saat itu, nyatanya hingga hari ini dunia dipengaruhi penemuan mengagumkan dari Nikola Tesla.
Selama masa mudanya, ia mengalami banyak periode penyakit dan periode inspirasi mengejutkan. Dia sering memvisualisasikan penemuan mekanis dan teoritis secara spontan. Tesla memiliki kemampuan yang unik untuk memvisualisasikan gambar dalam kepalanya. Ketika bekerja pada proyek yang dikerjakan, ia jarang menuliskan rencana atau gambar skala, hanya bergantung pada gambar yang ada di benaknya.
Tesla adalah seorang mahasiswa brilian pada tahun 1875 yang belajar di politeknik Austria di Graz. Namun, ia meninggalkan perkuliahannya untuk mendapatkan pekerjaan di Marburg, Slovenia. Karena keterasingan dari keluarganya, ia menderita gangguan saraf. Dia kemudian terdaftar di Ferdinand Universitas Charles di Praha, tapi sekali lagi ia meninggalkan kuliahnya sebelum menyelesaikan gelarnya.
Tahun 1880 ia pindah ke Budapest dan bekerja untuk sebuah perusahaan telegraf. Selama itu, ia mengenal turbin kembar dan membantu mengembangkan perangkat amplifikasi yang dibutuhkan untuk menggunakan telepon.
Pada tahun 1882 ia pindah ke Paris, bekerja untuk Thomas Alfa Edison. Di sini ia telah meningkatkan berbagai perangkat yang digunakan oleh perusahaan Edison. Dia juga meneliti induksi motor dan perangkat yang digunakan untuk rotasi medan magnetik.
Berkat kecerdasannya, Tesla yang saat itu usianya menginjak 28 tahun,dikirim oleh Edison Amerika Serikat tahun 1884. Tesla diberi tugas untuk memperbaiki sistem generator listrik arus searah (DC = Dirrect Current). Tesla mengklaim bahwa ia menawarkan untuk kenaikan gaji 50.000 dollar jika ia secara signifikan dapat meningkatkan generator motor.
Namun, setelah menyelesaikan tugasnya, Tesla tidak menerima reward tersebut. Polemik antara Tesla dan Edison pun terjadi. Persaingan antara Tesla dan Thomas Edison terus berlanjut sehingga dirinya membangun perusahaan sendiri pada tahun 1886 namun belum sukses. Hingga di tahun-tahun selanjutnya ia banyak menemukan hal besar dan diakui dunia meski sering karyanya diambil orang lain.
Penemuan Nikola Tesla
Berikut adalah 10 penemuan terbesar Nikola Tesla yang mungkin belum kita ketahui dan telah mempengaruhi dunia saat ini:
1. Listrik Arus Bolak Balik (AC = Alternating Current)
Ini adalah dimana peperangan antara Tesla dan Edison dimulai, saat Edison berjibaku dengan listrik arus searah (DC), ia banyak memberikan isu buruk pada penemuan Arus Bolak-balik (AC) yang ditemukan Tesla.
Namun Tesla merespon Edison bahwa Arus Bolak Balik lebih baik dan aman dibandingkan dengan listrik arus searah Edison. Bahwa dengan arus bolak balik dapat menghasilkan cahaya secara langsung dengan menembakan arus pada tubuhnya.
Perlu diketahui bahwa arus searah (DC) yang saat ini sering kita pakai contohnya baterai, sedangkan arus bolak-balik (AC) contohnya adalah generator listrik, yang dipergunakan untuk memproduksi listrik lebih besar yang kita kenal dengan sistem pembangkit listrik.
Berikut adalah desain generator listrik yang dibuat Tesla sebagai sistem penghasil listrik arus bolak balik.


Berkat penemuannya mengenai Generator Listrik arus bolak-balik yang juga biasa kita pelajari pada pelajaran Fisika SMA dengan pokok bahasan Induksi Elektromagnetik, Tesla mendapat kehormatan dengan membuat namanya “Tesla” sebagai satuan internasional untuk induksi magnetik (medan magnetik) atau sering disingkat “T”.
2. Lampu
Tentu saja Nikola Tesla tidak menciptakan cahaya sendiri, tetapi ia menemukan bagaimana cahaya dapat dimanfaatkan dan didistribusikan. Tesla telah mengembangkan dan menggunakan lampu neon di laboratorium sekitar 40 tahun sebelum industri lampu hadir.

Pada Pameran Dunia,Tesla mengenalkan tabung kaca yang pada dasarnya sebagai lampu-lampu neon pertamanya. Namun Koil Tesla mungkin yang paling mengesankan, dan kontroversial pada pameran tersebut.
Untuk lebih jelasnya silahkan membaca paten Tesla untuk lampu berfrekuensi tinggi .
3. Tesla Coil
Koil Tesla tentu sesuatu yang industri besar akan menyukainya dengan konsep bahwa bumi itu sendiri adalah magnet yang dapat menghasilkan listrik (elektromagnetik) memanfaatkan frekuensi sebagai pemancar. Semua yang diperlukan pada akhirnya hanyalah penerima frekuensi seperti radio.

Tesla coil adalah salah satu penemuan yang paling terkenal Nikola Tesla. Prinsip kerjanya sebagai osilator harmonik daya tinggi yang ditujukan untuk transmisi nirkabel energi listrik. Dalam otobiografinya, Tesla menyatakan bahwa “… Saya merasa yakin bahwa dari semua penemuan saya, Pemancar Transmitter akan menjadi paling penting dan berharga untuk generasi mendatang.”.

Dibutuhkan output dari 120VAC ke beberapa kilovolt transformator & rangkaian driver dan kemudian dialirkan ke tegangan yang sangat tinggi. Uniknya Tesla coil ini menciptakan medan listrik yang sangat kuat.

4. Radio
Mengenal nama Guglielmo Marconi? Sebelumnya dia adalah seseorang yang dipatenkan sebagai penemu Radio, namun Mahkamah Agung membatalkan Marconi pada tahun 1943 sebagai pemegang hak paten, ketika terbukti bahwa Tesla menemukan radio sebelum Marconi.
Pada tahun 1898, Tesla mendemonstrasikan perahu radio kontrol (AS Paten 613.809 -Metode dari Aparatus untuk Mengontrol Mekanisme Kendaraan bergerak atau Kendaraan).

Sinyal radio yang didistribusikan/transmisi melalui frekuensi, perlu pemancar dan penerima, yang telah Tesla terangkan pada tahun 1893 pada saat presentasi sebelum The National Association Electric Light dengan nama “Telautomatics”. Pada tahun 1897 Tesla mendapatkan dua paten untuk “sistem transmisi energi listrik” dan “pemancar listrik.” AS 645.576, dan US 649621.
Pada tahun 1904, Kantor Paten AS sebelumnya memberikan keputusan mereka, pada Marconi hak paten untuk penemuan radio, yang mungkin lebih dipengaruhi keuangan Marconi di Amerika, yang juga didukung Thomas Edison dan Andrew Carnegie.
Seperti yang kita ketahui bahwasanya, radio mengacu pada peralatan yang digunakan untuk mengirim atau menerima gelombang elektromagnetik dalam rentang frekuensi, kurang lebih antara satu hertz hingga beberapa gigahertz.
Radiasi elektromagnetik terjadi dalam bentuk gelombang transversal dengan perjalanan teratur naik dan turun yang memiliki puncak dan lembah. Jarak dari satu puncak ke puncak berikutnya membuat satu panjang gelombang.
Dalam sebuah sinyal siaran AM (Amplitudo Modulation) biasa, katakanlah 1000 kHz pada AM dial, puncak gelombang berjarak pada sekitar 969 kaki. Jumlah puncak dalam satu detik disebut frekuensi gelombang.
Dengan demikian, jika kecepatan gelombang yang dikenal sebagai kecepatan cahaya, hubungannya untuk gelombang radio, maka panjang gelombang dan frekuensi dapat dihitung sesuai dengan rumus: v = fw, di mana v singkatan kecepatan, f untuk frekuensi, dan w untuk panjang gelombang.
Ketinggian gelombang amplitudo biasanya dinyatakan dalam volt untuk gelombang radio. Sekaligus menunjukkan bahwa untuk gelombang amplitudo yang sama, orang-orang yang berada pada frekuensi yang lebih tinggi, gelombang akan tiba di setiap detik, lebih intens, lebih kuat.
Hari ini, radio yang kita gunakan untuk mendengarkan musik di mobil, di rumah atau melalui ponsel bukan lagi menggunakan tipe AM tetapi FM (Frekuensi Modulation) yang memiliki suara jauh lebih jernih, namun dengan jangkauan lebih pendek dibandingkan AM.
5. Remot Kontrol
Penemuan ini erat hubungannya dengan penemuan radio. Paten No. 613809 merupakan model pertama remot pengendali model perahu yang dikenalkan pada 1898. Memanfaatkan beberapa baterai besar; sinyal radio dikendalikan saklar, yang kemudian energi baling-baling kapal, kemudi, dan skala-down lampu berjalan.

Namun kemudian teknologi ini sebenarnya tidak banyak digunakan untuk beberapa waktu, hingga modern ini kita dapat melihat kekuatan yang diperlihatkan oleh militer dalam berperang yang dikendalikan remot. Radio tank dikendalikan dan diperkenalkan oleh Jerman dalam Perang Dunia II, dan perkembangan di bidang ini sangat pesat.
6. X-Rays
Gelombang elektromagnetik dan ionisasi radiasi telah banyak diteliti di akhir 1800-an, dan Nikola Tesla telah meneliti seluruhnya. Dalam hal ini Tesla sangat memainkan peran penting bagi perkembangan Sinar-X yang modern ini sangat berharga bagi dunia medis untuk mendiagnosa bagian dalam tubuh manusia secara lebih jelas.
Tesla memiliki banyak konstribusi dalam Sinar-X, berasal dari keyakinannya bahwa segala sesuatu yang kita perlukan diperoleh dengan memahami alam semesta yang semuanya ada di sekitar kita sepanjang waktu, tetapi kita perlu menggunakan pikiran kita untuk mengembangkan perangkat dunia nyata untuk meningkatkan persepsi bawaan.

Mulai tahun 1894, Tesla mulai menyelidiki apa yang disebut energi radiasi “invisible”. Percobaan awal adalah dengan tabung Crookes, tabung katoda dingin sebagai debit listrik. Segera setelah itu, banyak data Tesla dari awal penelitian, seperti ratusan model penemuan, rencana, catatan, data laboratorium, alat, foto, senilai $ 50.000 hilang di laboratorium 5th Avenue pada Maret 1895 karena kebakaran.
Tesla yang diwawancarai oleh The New York Times saat itu mengatakan atas kejadian tersebut ”saya memiliki terlalu banyak kesedihan untuk dibicarakan. Apa yang bisa saya katakan?”.
Beberapa minggu kemudian tepatnya, Desember 1895, Wilhelm Röntgen mengumumkan tentang penemuan Sinar-X. Pada Maret 1896, setelah mendengar penemuan Wilhelm Röntgen untuk X-ray dan X-ray imaging (radiografi), Tesla terus melakukan eksperimen sendiri dalam pencitraan X-ray, mengembangkan tabung terminal vakum energi tinggi tunggal dengan mendesain model tabung yang tidak memiliki elektroda target dan bekerja dari output berupa Tesla Coil (istilah modern untuk fenomena yang dihasilkan oleh perangkat ini adalah bremsstrahlung atau radiasi pengereman). Dalam penelitiannya, Tesla merancang beberapa setup eksperimental untuk menghasilkan sinar-X. Tesla menyatakan bahwa, dengan sirkuit nya, “instrumen akan memungkinkan seseorang untuk menghasilkan sinar Rontgen jauh lebih besar daripada yang dapat diperoleh dengan aparat biasa.”
Tesla mencatat bahaya bekerja dengan sirkuit dan perangkat single-node X ray-producing bahwa dalam banyak catatannya pada penyelidikan awal fenomena ini, ia mengaitkan dengan kerusakan kulit karena beberapa sebab.
Dia percaya sejak awal bahwa kerusakan kulit itu tidak disebabkan oleh sinar Rontgen, tapi oleh ozon dihasilkan dalam kontak dengan kulit, dan pada tingkat lebih rendah, oleh asam nitrat. Tesla sangat percaya bahwa sinar-X merupakan gelombang longitudinal, seperti yang dihasilkan dalam gelombang di plasma. Gelombang plasma tersebut dapat terjadi dalam force-free medan magnet.
7. Motor Listrik
Penemuan Nikola Tesla untuk motor listrik akhirnya telah dipopulerkan oleh merek mobil menggunakan namanya yaitu Tesla Motor yang dimiliki Elon Musk. Meskipun teknis mesinnya tidak begitu berhubungan dengan prinsip motor listrik Nikola Tesla.
Penemuan motor listrik Tesla pada tahun 1930 tidak selesai dan menyerah saat krisis ekonomi dan perang dunia. Namun demikian, penemuan ini pada dasarnya telah mengubah pandangan apa yang sekarang kita gunakan hari ini terinspirasi pada motor listrik mulai dari perangkat industri, peralatan rumah tangga, pompa air, peralatan mesin, alat-alat listrik, disk drive, jam tangan listrik dan kompresor.
8. Robotik
Nikola Tesla memiliki pemikiran tingkat tinggi dalam science dan membawa gagasan bahwa semua makhluk hidup didorong oleh impuls eksternal. Dia menyatakan: “Saya dimiliki oleh setiap pikiran dan tindakan saya, menunjukkan, dan melakukannya setiap hari, untuk kepuasan mutlak saya bahwa saya adalah robot yang diberkahi dengan kekuatan gerakan, yang hanya merespon rangsangan eksternal.”
Karena hal itu, konsep robot lahir. Namun, unsur manusia tetap hadir, seperti yang Tesla tegaskan bahwa replika manusia harus memiliki keterbatasan – yaitu pertumbuhan dan propagasi.
Namun demikian, Nikola Tesla tanpa malu-malu mengagumi semua intelegensi yang bisa hasilkan. Visinya untuk masa depan yang penuh dengan mobil cerdas, sahabat manusia robot, dan penggunaan sensor, dan sistem otonom,
9. Laser

Penemuan Nikola Tesla tentang laser mungkin salah satu contoh terbaik dari yang baik dan yang negatif terikat bersama-sama dalam pikiran manusia. Laser telah mengubah aplikasi bedah dengan cara yang tak dapat disangkal menguntungkan bagi manusia, dan karenanya juga telah melahirkan banyak media digital saat ini.

Namun, dengan penemuan ini, inovasi tersebut mampu mempengaruhi ranah fiksi ilmiah. Seperti pada film “Star Wars” dengan pedang laser nya atau disebut Lightsaber, hingga bentuk senapan laser yang mematikan.
10. Wireless
Energi tidak dapat diukur dan dikendalikan. Konsep itu menginspirasi Nikola Tesla untuk meneliti komunikasi wireless menggunakan energi yang tersedia secara bebas di alam.
J.P. Morgan didukung Nikola Tesla dengan biaya $ 150.000 membangun sebuah menara yang akan menggunakan frekuensi alami dari alam semesta kita untuk mengirimkan data, termasuk berbagai informasi yang disampaikan melalui gambar, pesan suara, dan teks.

Hal ini mewakili komunikasi nirkabel pertama di dunia, tetapi juga berarti bahwa selain dari biaya menara itu sendiri, alam semesta dipenuhi dengan energi bebas yang dapat dimanfaatkan untuk membentuk wide web dunia yang menghubungkan semua orang di semua tempat, serta memungkinkan orang untuk memanfaatkan energi bebas di sekitar mereka. Pada dasarnya, 0 dan 1 dari alam semesta yang tertanam pada struktur dari keberadaan masing-masing dari kita untuk akses yang diperlukan.
Nikola Tesla mendedikasikan diri untuk memberikan setiap individu menerima dan mengirimkan data ini hampir gratis. Tapi sekarang? It’s not free…

Quotes dan Penghargaan Nikola Tesla
Entah berapa banyak ide yang ada dibenak Nikola Tesla untuk menemukan hal baru yang berguna bagi manusia. Manusia cerdas yang sering kecolongan karyanya sendiri oleh orang lain ini tak pernah merasa susah, karena ia meyakini apa yang dikerjakannya akan hadir dimasa depan memberikan manfaat. Sesuai dengan quotes nya berikut ini:
“Biarkan masa depan mengatakan yang sebenarnya, dan mengevaluasi masing-masing sesuai dengan pekerjaan dan prestasi. Ini adalah milik mereka; di masa depan, yang saya telah benar-benar bekerja didalamnya, adalah milikku.” Nikola Tesla
Dia pun memberikan pesan pada kita tentang alam semesta dari segi science:
“Jika Anda ingin menemukan rahasia alam semesta, berpikirlah tentangl energi, frekuensi dan getaran.”
Betapa mengagumkannya Nikola Tesla, namun dirinya tak pernah sekalipun mendapatkan penghargaan Nobel, meski sebelumnya dirumorkan tanggal 6 November 1915, pada laporan kantor berita dari London dalam Penghargaan Nobel 1915 dauntuk bidang Fisika diberikan kepada Thomas Edison dan Nikola Tesla. Namun, kenyataannya pada 15 November, laporan berita dari Stockholm menyatakan bahwa penghargaan Nobel diberikan kepada Sir William Henry Bragg dan William Lawrence Bragg untuk jasa mereka dalam “analisis struktur kristal dengan memakai sinar-X.”
Akan tetapi nama Tesla hingga kini masih dikenang dunia, teutama tanah kelahirannya di Kroasia. Foto dirinya menjadi salah satu foto dalam nama uang nasional dan berdiri kokoh Nikola Tesla Museum serta Belgrade Nikola Tesla Airport di Belgrade, Serbia.

Namanya pun menjadi salah salah satu sudut jalan di New York, serta nama planet kecil 2244 Tesla. Bahkan didirkan monumen Nikola Tesla di wisata Niagara Fall, Goat Island, Niagara Falls, New York, ebagai hadiah dari negara Yuigoslavia. Terakhir paling terpopuler saat ini adalah salah satu Merek dagang mobil paling keren bernama Tesla Motor yang saat ini dipimpin Elon Musk.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer