Pengertian, Klarifikasi dan Ciri-Ciri Filum Coelenterata Kelas Anthozoa | Biologi💡📗📚

     Pengertian, Klarifikasi dan Ciri-Ciri Filum Coelenterata Kelas Anthozoa

A. Pengertian
     
Anthozoa adalah kelas dari anggota hewan tak bertulang belakang yang termasuk dalam filum Cnidaria. Anthozoa berasal dari bahasa Yunani, anthos berarti bunga, dan zoon berarti hewan. Anthozoa berarti hewan yang bentuknya seperti bunga atau hewan bunga, yang meliputi anemon laut serta hewan-hewan karang. Anthozoa hidup sebagai polip. 

B. Klarifikasi
     
Berdasarkan banyaknya sekat-sekat di dalam rongga tubuh, kelas Anthozoa dibedakan menjadi dua subkelas, yaitu Hexacorallia (bersekat enam) dan Octocorallia (bersekat delapan).
Hexacorallia
Hexacorallia memiliki sedikit tentakel yang kadang-kadang bercabang. Selain memiliki tentakel, ada Hexacorallia memiliki enam sekat yang masing-masing terdiri dari dua lembar. Ada Hexacorallia yang tidak memiliki rangka kapur, misalnya Metridium sp. (mawar laut). Kebanyakan Hexacorallia berkoloni dan membentuk karang, misalnya Fungia sp.Acropora sp.OculinaMeandrina sp., dan Epiactis sp.
Octocorallia
Octocorallia memiliki delapan tentakel yang bercabang-cabang seperti bulu dan memiliki delapan sekat. Selain itu, Octocarallia juga memiliki satu sifonogfila ventralis.
Rangka Octocarallia terbuat dari kapur dan zat induk. Contohnya karang suling (Tubipora musica), karang kulit (Alcyonium sp.), akar bahar (Euplexaura sp.), dan koral(Coralium medea).















C. Ciri-Ciri

Hidup anthozoa bersifat soliter atau berkoloni dan melekat pada suatu tempat (substrat). Sepanjang hidupnya tidak mempunyai bentuk medusa, semuanya merupakan polip. Polip pada anthozoa umunya lebih pendek dan lebih kokoh daripada hydrozoa dan scyphozoa, ujung oralnya mendatar berbentuk seperti piring.
Rongga gastrovaskularnya bersekat-sekat sehingga membentuk ruangan-ruangan yang diengkapi dengan nematokis. Mulut berupa celah yang dikelilingi tentakel dan memiliki nematokis untuk melumpuhkan mangsa.
Alat pernapasan anthozoa berbeda dari hydrozoa yaitu menggunakan sifonoglifa, yaitu lekukan bersilia yang terdapat pada ujung-ujung celah di daerah mulut.
Perkembangbiakan secara aseksual (vegetatif) dengan menggunakan kuncup. Makanan anemon laut berupa hewan-hewan invertebrata lain. Polip-polip hewan karangnya dapat menghasilkan kalsium karbonat sehingga dapat membentuk batu karang.
D. Contoh Filum Coelenterata Kelas Anthozoa

Fungia sp
                                                                 
Coral

Oculina

                                                                      Tubipora Musica


Komentar

Postingan Populer